Sejarah Singkat Tanaman Jagung

by mfcell on 06:18 PM, 24-May-11

Category: AGRICULTURE

Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi.
Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Penduduk beberapa daerah di Indonesia (misalnya di Madura dan Nusa Tenggara) juga menggunakan jagung sebagai pangan pokok.
Selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupun tongkolnya), diambil minyaknya (dari biji), dibuat tepung (dari biji dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena), dan bahan baku industri (dari tepung biji dan tepung tongkolnya).
Tongkol jagung kaya akan pentosa, yang dipakai sebagai bahan baku pembuatan furfural.
Jagung yang telah direkayasa genetika juga sekarang ditanam sebagai penghasil bahan farmasi. Berdasarkan bukti genetik, antropologi, dan arkeologi diketahui bahwa daerah asal jagung adalah Amerika Tengah (Meksiko bagian selatan).
Budidaya jagung telah dilakukan di daerah ini 10.000 tahun yang lalu, lalu teknologi ini dibawa ke Amerika Selatan (Ekuador) sekitar 7000 tahun yang lalu, dan mencapai daerah pegunungan di selatan Peru pada 4000 tahun yang lalu. Kajian filogenetik menunjukkan bahwa jagung (Zea mays ssp. mays) merupakan keturunan langsung dari teosinte (Zea mays ssp. parviglumis).
Dalam proses domestikasinya, yang berlangsung paling tidak 7000 tahun oleh penduduk asli setempat, masuk gen-gen dari subspesies lain, terutama Zea mays ssp. mexicana.
Istilah teosinte sebenarnya digunakan untuk menggambarkan semua spesies dalam genus Zea, kecuali Zea mays ssp. mays. Proses domestikasi menjadikan jagung merupakan satu-satunya spesies tumbuhan yang tidak dapat hidup secara liar di alam.
Hingga kini dikenal 50.000 varietas jagung, baik ras lokal maupun kultivar.
Jagung merupakan tanaman berumah satu (monoecious), yaitu letak bunga jantan terpisah dengan bunga betina dalam satu tanaman. Dalam taksonominya jagung termasuk dalam ordo Tripsaceae, famili Poaceae, sub famili Panicoideae, genus Zea, dan spesies Zea mays L READ IN YOUR LANGUAGES

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

6 responses to "Sejarah Singkat Tanaman Jagung"

Rina novita s [06:26 PM, 24-May-11]

pertamax thanks ilmunya gan!

wong ndes® [07:10 PM, 24-May-11]

Sama Sama jeng Rina

Never [07:13 PM, 24-May-11]

Sugenk ndalu, kank..
Wah, memank benar ya kank.. Jagunk banyak manfaatnya..
Aku pun juga suka jagunk.. Yah, walaupun bukan untuk bahan pokok makan sehari2.. Jagunk bakar.. Suka banget tuh, hee... biggrin

wong ndes® [07:20 PM, 24-May-11]

iya kang.
kebetulan tanaman jagung saya udah bisa buat jagung bakar nih.
silahkan mampir ke demplot saya di Grobogan

wong ndes® [09:19 PM, 24-May-11]

bukan kang.
Hanya Sekedar share catatanku saja

Momogi [12:38 PM, 07-Sep-11]

Terima kasih untuk informasinya.

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(You can use BBCode)

Security:
Enable Images